Hotel merupakan salah satu unit bisnis yang
24 jam melakukan kegiatan operasional. Selain itu intensitas kerja yang
cepat dan dinamis menuntut karyawannya untuk dapat menyesuaikan diri.
Berikut ini merupakan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh karyawan
perhotelan guna mendukung kinerjanya.
Kejujuran
Kejujuran
merupakan sifat mendasar yang wajib dimiliki karyawan perhotelan.
Karena kejujuran itu merupakan awal dari sebuah kepercayaan dan
kepercayaan akan gugur apabila karyawan yang dipercayai itu melakukan
sebuah kebohongan. Disisi lain, seorang karyawan yang jujur bisa
menambah tamu hotel merasa aman dan nyaman.
Profesionalisme
Di
dalam melakukan pekerjaan, seorang karyawan dituntut selalu
profesional. Profesional secara penampilan maupun secara teknik
pekerjaan guna menunjang kegiatan operasional hotel.
Kedisiplinan
Kedisiplinan
ini mencakupi kedisiplinan kerja sesuai Prosedur, kedisiplinan dalam
kehadiran, dan kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib hotel/house rule
yang ditetapkan oleh hotel.
Keterbukaan
Keterbukaan
ini adalah karyawan secara terbuka mau untuk menerima kritikan dan
masukan, selain itu keterbukaan ini akan mempermudah manajer atau atasan
di dalam mencari solusi atas permasalahan yang sedang di hadapi oleh
karyawan.
Sebagai contoh, apabila karyawan masih belum mampu
mengerjakan sesuatu, maka sebaiknya karyawan secara terbuka bicara
dengan manajer atau atasannya bahwa dia masih belum mampu sehingga
atasan atau manajer pun akan mengajari karyawan tersebut sampai bisa.
Hanya saja, agar seorang karyawan ini mau bersikap terbuka terhadap
pimpinannya, seorang pimpinan juga harus memiliki rasa asih, asah, dan
asuh sehingga si karyawan tersebut merasa tenang ketika dia terbuka
terhadap pimpinannya
Kemauan untuk belajar hal-hal yang baru
Sifat
mau untuk belajar hal-hal yang baru ini akan menambah pengetahuan
karyawan tersebut, selain itu berguna untuk mengurangi stress pada
karyawan akibat pekerjaan yang terlalu monotone setiap hari.Dampak
positifnya,karyawan menjadi serba bisa sehingga memudahkan manajer atau
atasan didalam melakukan rolling jabatan atau pertukaran pekerjaan.
Ramah, Santun, Sopan dan mudah senyum
Berhubung
hotel merupakan salah satu bentuk pelayanan publik, jadi wajib hukumnya
karyawan memiliki sifat ramah, santun, sopan dan mudah senyum. Bisa
dibayangkan apabila seorang frontline hotel galak dan jutek? pasti tamu
akan berpikir ulang untuk menginap di hotel tersebut.
Menekan Ego Sentris
Setiap
karyawan pasti memiliki ego masing-masing, akan tetapi agar sejalan
dengan tujuan perusahaan maka dibutuhkan kerja sama tim yang solid.
Sehingga untuk mencapai sebuah kesepekatan atau keputusan haruslah
menghilangkan ego masing-masing. Apabila ego yang berkembang maka tidak
akan tercapai kerjasama yang solid. Begitu juga dengan sifat ke-AKUan
juga harus dikurangi. Seperti pepatah tak perlu mengaum agar harimau
menjadi ditakuti oleh pemangsa, karena Kerja di hotel itu merupakan team
work atau kerja sama tim dan bukan ONE MAN SHOW.
Itulah beberapa
sifat yang harus dibentuk dan dimiliki oleh karyawan perhotelan karena
perhotelan itu merupakan salah satu bentuk pelayanan keramah tamahan.
sumber : http://hotelier.co.id/sifat-dan-karakter-yang-harus-dimiliki-oleh-karyawan-hotel/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar