Bagi Anda calon hotelier yang
baru kuliah di Hotel Management atau yang mengambil
jurusan bukan Perhotelan namun terpikir untuk bekerja di hotel, mungkin
pemikiran paling umum yang terbersit pertama kali adalah karena melihat
orang orang yang kerja di hotel itu memiliki penampilan yang rapi,
wangi, sikap dan perilakunya ramah, tempat kerjanya atau hotel sebagai
tempat bekerja sangat mewah, brand atau merek dari hotel itu
sangat terkenal di dunia, bisa kerja di luar negeri, mendapat gaji yang
wah dan lain sebagainya. Hal tersebut memang benar benar terjadi apabila
kita memutuskan untuk bekerja di hotel. Artikel ini memberikan gambaran
mengenai hal positif bila kita kerja di hotel, enaknya kerja di Hotel
itu kaya apa ya? Ok then..here it goes!
Pendapatan
Apa bedanya pendapatan di Hotel dengan
tempat lain? Pastinya karena di hotel kita tidak hanya mendapat gaji
pokok saja, melainkan kita juga mendapatkan service charge, dan tips pastinya untuk beberapa departemen di hotel yang bertemu langsung dengan tamu (Front Office, Restaurant, Bar, Housekeeping). Termasuk juga meal allowance
atau makan gratis satu kali dalam waktu bekerja kita. Lumayan kan? Bisa
menghemat uang saku. Mengenai tips, hasilnya bisa berbeda, bukan hanya
antar departemen saja, melainkan antar individu bisa berbeda, tergantung
jenis tamu dan pelayanan yang kita berikan. Contoh: jika seorang tamu
sangat terpuaskan pada saat makan di restoran tempat kita bekerja, atau
pada saat menginap di hotel, tips yang tamu bisa berikan terkadang
melampaui perkiraan kita, bisa berupa uang maupun barang. Kalo uang
terkadang bisa melampaui gaji kita selama sebulan, bahkan malah mungkin
jauh lebih mahal dari itu. Di luar dari itu, untuk sekedar memberikan
gambaran saja, di hotel bintang lima Jakarta, jabatan paling bawah di Housekeeping Department yaitu Housekeeping Attendant yang tugasnya membersihkan kamar dan area Hotel, Gaji plus Service Charge di luar tip, bisa mendapatkan sekitar 4-5 juta rupiah/bulan. Lumayan kan?
Seragam
Jika di tempat kerja lain, mungkin tiap
hari kita mengenakan baju yang berbeda beda, dan baju tersebut adalah
baju kita sendiri yang harus kita siapkan dan kita cuci setelah
digunakan. Di hotel, kita tidak perlu memikirkan hal itu, kenapa? Karena
hotel menyediakan seragam yang khusus hanya digunakan oleh kita saja.
Dan tidak perlu khawatir untuk mencuci setelah digunakan, karena hotel
sudah menyediakan fasilitas laundry untuk mencuci seragam kita. Biasanya setiap karyawan hotel diberikan 3 set pakaian yang digunakan untuk bekerja.
Konsumen
Tamu yang datang ke hotel (bintang 5)
pastinya bukan tamu yang nggak punya duit kan? Bayangin aja, untuk beli
air mineral dalam kemasan saja tamu bisa dikenakan harga Rp.20.000,-
tidak sembarang orang mau keluar uang segitu hanya untuk air mineral.
Belum jenis tamu yang datang, selebriti baik nasional maupun
internasional kalo datang ke satu Negara pasti pilihnya hotel yang
mewah, artis artis luar kalo konser di Indonesia pasti milihnya hotel
yang buat mereka nyaman untuk menginap. Nah, kebayang kan jika salah
satu artis yang menginap di Hotel tempat kamu kerja itu ternyata idola
kamu? Ga mesti repot repot kaya fans yang hanya bisa nunggu di lobby
atau nunggu di luar Hotel hanya untuk melihat idola mereka. Kamu punya
akses untuk bisa bertemu langsung dan bisa berbicara langsung dengan
mereka. Dan jika diperbolehkan, berfoto bersama artis idola kamu.
Fasilitas Kesehatan
Pada umumnya di hotel sudah tersedia
fasilitas klinik dengan dokternya, buka selama 24 jam. Disediakan untuk
para karyawan Hotel yang mengalami cidera baik itu ringan maupun berat,
dan apabila tergolong berat, biasanya hotel sudah memiliki kerjasama
dengan rumah sakit tertentu, dan biaya ditanggung oleh hotel.
Fasilitas untuk Menginap di Brand Hotel yang sama
Untuk international chain hotel, kamu memiliki hak untuk menginap di hotel lain dan mendapatkan harga khusus atau malah bahkan gratis, tergantung dari grade
atau level jabatan kamu di hotel tersebut. Contoh: jika kamu bekerja di
Grand Hyatt Bali misalnya, kamu bisa menginap di Hyatt manapun di
seluruh dunia dengan mendapatkan harga khusus.
Pelatihan
Tiap bulan training calendar di
mading HRD penuh dengan jenis training baik itu internal maupun
eksternal atau mendatangkan ahli dari luar hotel, training tersebut bisa
kamu pilih sesuai dengan keinginan dan minat kamu untuk jenjang karir
kamu ke depannya nanti. Ada juga training bahasa asing yang berguna buat kamu yang mau meningkatkan level bahasa kamu, who knows karena kamu mengikuti kursus Bahasa Jepang dan bagus, kamu malah dipindahkan posisinya dari waiter menjadi GRO atau Sales Marketing yang khusus menangani tamu Jepang. Enak kan?
Jenjang Karir
Jenjang karir sangat menjanjikan di
hotel, dan tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di luar Indonesia
dalam satu brand yang sama. Syaratnya Cuma harus rajin belajar, banyak
menyerap ilmu dari atasan, dan pastinya berprestasi.
Di luar hal tersebut diatas, masih banyak
lagi hal hal positif lainnya yang bisa kamu dapat apabila kamu memilih
untuk bekerja di Hotel, dan setiap orang memiliki pengalaman positif
yang berbeda pada saat bekerja di Hotel. Semoga artikel ini bermanfaat.
CHEERS!!
written by Agung Gita Subakti.
sumber : http://hotel-management.binus.ac.id/2015/07/24/hal-positif-bila-kerja-di-hotel/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar